Tuesday, July 2, 2013

Ikan Naga Paling Terkenal Di Dunia

Ikan Palmas,merupakan ikan yang tergolong dalam Family Polypteridae (Bichir), artinya ikan bersirip banyak, Ikan Palmas disebut ikan naga karena mirip betul dengan ular naga dalam legenda Tiongkok.Ikan ini termasuk ikan primitif dan sering disebut sebagai "snake like fish" (ikan mirip ular).
Palmas, merupakan salah satu jenis ikan purba/jurasic fish.Penyebaran adalah di Afrika Barat.Palmas adalah ikan pemangsa (predator), carnivora. Ikan ini mempunyai kemampuan untuk mengambil udara dengan alat yang telah termodifikasi sedemikan rupa menyerupai paru-paru, disamping itu ia mampu untuk merayap diatas tanah dengan menggunakan sirip dadanya yang kuat.
Oleh itu untuk mememihara palmas dinasihatkan agar menutup bekas dengan baik untuk mencegah ikan tersebut hilang/melompat.


Oarfish termasuk ke dalam family Regalecidae yang memiliki empat spesies. Salah satu spesies, Regalecus Glesne, pernah masuk ke dalam Guinnes Book of World Record karena pernah ditemukan seekor yang hidup dengan panjang tubuh hingga mencapai 11 meter (36 kaki).
Ikan ini memiliki sirip tunggal berwarna merah dan termasuk ikan yang penyendiri. Namun ketika ikan ini sedang sakit atau sekarat, sepertinya sang penyendiri ini tidak ingin mati dalam kesepian. Jadi ia naik ke atas permukaan laut dan bertahan disitu hingga mati.
Mungkin untuk menarik perhatian para pelaut, atau hanya ingin memandang matahari untuk terakhir kalinya. Para pelaut masa lampau mungkin telah melihat ikan ini di permukaan dan mempersepsikannya sebagai monster laut. Misalnya, pada tahun 1860, ketika seekor Oarfish sepanjang 5 meter terdampar di pantai Bermuda, para penduduk segera mengkaitkannya dengan monster laut yang legendaris.

Beberapa ilmuwan percaya bahwa kemungkinan besar terdapat Oarfish yang ukurannya melebihi 11 meter, Namun sampai sekarang belum ada yang membuktikanya.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Followers